Tingkatkan Pemberdayaan Gerakan Pramuka, Loka POM di Kabupaten Ende bersama Kwarcab Pramuka Ngada lantik Pengurus dan Bimtek Calon Peserta Didik SAKA POM Kabupaten Ngada

13-09-2023 Loka POM di Kabupaten Ende Dilihat 124 kali

Bertempat di Aula BP Litbang Kabupaten Ngada Bajawa, Kamis (07/09/2023) telah dilaksanakan pelantikan Pengurus dan anggota Satuan Karya Pengawas Obat dan Makanan (SAKA POM) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Ngada. Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Ngada, Wilfridus Adjo melantik langsung Pengurus dan Anggota SAKA POM Kwarcab Ngada.

Pelantikan SAKA POM Kwarcab Pramuka Ngada yang melibatkan anggota pramuka ini diharapkan mampu meberikan kontribusi dan membantu kelancaran tugas dan fungsi BPOM dalam pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Ngada khususnya. “Apresiasi kepada pihak BPOM yang sudah mengambil inisiatif untuk bekerjasama dan melibatkan generasi muda khususnya anggota – anggota Pramuka untuk ikut andil dalam melakukan pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Ngada” tegas Ketua Kwarcab Pramuka Ngada, Wilfridus Adjo, S.Pd., MM.

Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Ende, Benny Hendrawan Prabowo, S.Farm juga menambahkan bahwa berterimakasih kepada Kwarcab Pramuka Ngada karena sudah memberikan dukungan terhadap penguatan Pengawasan Obat dan Makanan melalui kegiatan bersama dalam Rintisan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Pengawas Obat dan Makanan. Dengan dibentuk Rintisan SAKA POM ini dapat menjadi wadah bagi anggota Pramuka yang memiliki kepedulian terhadap Obat dan Makanan sekaligus mampu menjadi tempat bagi anggota Pramuka guna mendapatkan keilmuan dan kegiatan – kegiatan nyata, aktif, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang sehat, baik dan benar dengan berorientasi pada pengawasan Obat dan Makanan.

Pelantikan ini juga digandengkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pengurus dan calon anggota SAKA POM Ngada. Bimtek dilaksanakan terhadap 3 krida yaitu Krida Pengujian Sederhana Obat dan Makanan, Krida Pemantauan Obat dan Makanan, dan Krida Informasi Obat dan Makanan.

Dengan telah dibentuknya rintisan SAKA POM di Kabupaten Ngada, diharapkan ke depannya akan dibuat program - program yang melibatkan anggota Pramuka sebagai garda terdepan dalam menyebarkan informasi dan pengawasan terkait Obat dan Makanan. Diharapkan juga anggota – anggota Pramuka ini juga menjadi agent of change bagi generasi muda yang melek akan Obat dan Makanan.

Sarana