Advokasi Terpadu Program Prioritas Nasional Desa Pangan Aman, Pasar Aman Berbasis Komunitas, dan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah di Kabupaten Nagekeo

14-05-2024 Loka POM di Kabupaten Ende Dilihat 25 kali

Balai POM di Kupang bersama Loka POM di Kabupaten Ende melakukan kegiatan Advokasi Terpadu Program Prioritas Nasional Desa Pangan Aman, Pasar Aman Berbasis Komunitas, dan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah di Kabupaten Nagekeo pada hari Jum’at, tanggal 26 April 2024 di Aula Hotel Pepita Mbay, Kabupaten Nagekeo.

Kegiatan diawali dengan sambutan Pj. Bupati Nagekeo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nagekeo, Drs. Lukas Mere. Dalam sambutannya disampaikan dukungan kepada BPOM. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak baik terutama penurunan stunting di Kabupaten Nagekeo. “Program advokasi terpadu ini adalah salah satu cara untuk bisa mensinergikan program BPOM dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo” tegas Kepala Balai POM di Kupang, Drs. Yoseph Nahak Klau, Apt, M.Kes menambahkan dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini juga terdapat pemaparan materi yang dibawakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo terkait Program Pengawasan Keamanan Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji di Kabupaten Nagekeo tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa P3A Kabupaten Nagekeo terkait Program Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Nagekeo 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nagekeo terkait Upaya Dinas Pendidikan dalam Program Pembinaan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah tahun 2024, dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo terkait Program Perbaikan dan Pengelolaan Pasar di Kabupaten Nagekeo tahun 2024. Pemaparan materi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan kesepakatan jadwal serta tahapan program desa pangan aman, pasar aman dan pangan jajanan anak sekolah di Kabupaten Nagekeo pada tahun 2024 ini.

Pj. Bupati Nagekeo, Raimundus Raymond Nggajo, ST., M.Si pada kegiatan ini juga menyampaikan bahwa kolaborasi dan advokasi ini diharapkan dapat mengatasi masalah stunting di Nagekeo. Pada akhir kegiatan, Pj. Bupati Nagekeo, Kepala Balai POM di Kupang dan lintas sektor yang hadir menandatangani komitmen program prioritas nasional desa pangan aman, pasar pangan aman berbasis komunitas dan pangan jajanan anak sekolah di Kabupaten Nagekeo sehingga semua pihak bertanggung jawab untuk mengawal keberlanjutan pada desa, pasar dan sekolah yang akan diintervensi dan dilaksanakan juga pada tahun mendatang.

Sarana