Loka POM di Kabupaten Ende Lakukan Penyebaran Informasi Untuk Pastikan Keamanan Pangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445H

01-04-2024 Loka POM di Kabupaten Ende Dilihat 37 kali

Ende – Jum’at (22/03/2024), Loka POM di Kabupaten Ende melaksanakan kegiatan Penyebaran Informasi Keamanan Pangan kepada masyarakat di Kota Ende. Kegiatan ini juga merupakan serangkaian kegiatan Intensifikasi Pengawasan Pangan Rutin Khusus selama Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Rangkaian kegiatan intensifikasi ini meliputi pengawasan distributor/toko/kios/warung yang mengedarkan pangan olahan, Pengujian Cepat Test Kit menggunakan Mobil Keliling (Mobling) untuk pangan jajanan/takjil dan Penyebaran Informasi kepada masyarakat.

Kegiatan penyebaran informasi ini dilaksanakan di sekitar Kota Ende, di tempat-tempat yang ramai pedagang takjil dan penjaja makanan untuk berbuka puasa seperti di Pasar Mbongawani dan di Lapangan Perse Ende. Kegiatan penyebaran informasi ini dilaksanakan dengan metode pemberian leaflet/brosur dan KIE secara langsung kepada masyarakat dan pedagang.  

Kegiatan penyebaran informasi ini dikoordinir langsung oleh Kepala Loka POM di Kabupaten Ende, Benny Hendrawan Prabowo, S.Farm. dengan anggota tim Fransisca Zagita Tielman, S.Farm.,Apt, Fatmawati Batra, S.TP., M. Bintang Pamungkas, S.KM. dan Yudho Prasetyo, S.Kom. Kegiatan yang serupa juga dilaksanakan di wilayah kerja lain Loka POM di Kabupaten Ende yaitu di Kabupaten Ngada dan Kabupaten Nagekeo.

Diharapkan dengan kegiatan penyebaran informasi ini dapat memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa produk pangan yang beredar selama Bulan Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Idul Ftiri 1445 H merupakan produk pangan yang aman untuk dikonsumsi. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam memilih dan membeli produk pangan yang aman. Dan khususnya bagi pedagang diharapkan agar tidak menjual produk yang mengandung bahan berbahaya dan dilarang untuk digunakan pada pangan.

Sarana